Cara Ampuh Mencegah Flu Sebelum Terjadi


Pernahkah anda terkena penyakit flu? Penyakit yang satu ini memang sangat menggaggu, walaupun banyak orang sering mengganggap flu sebagai penyakit yang sepele dan tidak menghiraukannya tetapi disaat-saat tertentu bisa saja sangat mengganggu, coba kalian bayangkan jika anda terkena flu tetapi pada saat itu anda harus presentasi atau ada sesuatu hal yang tidak bisa ditunda, sangat mengganggu bukan? Nah kali ini saya akan coba memberikan tips kepada anda untuk mencegah flu sebelum terjadi.

Jika anda akan terkena flu pasti ada gejala-gejalanya, gejala-gejala tersebut timbul dikarenakan kekebalan tubuh sedang coba melawan virus flu, jika kekebalan tubuh anda sedang lemah maka akan terkena penyakit flu, maka dari itu perlu diwaspadai jika gejala tersebut muncul, gejala sebelum terkena flu akan saya jabarkan dibawah ini:

Ciri-ciri sebelum anda terkena flu

  • Tenggorokan terasa serak
Gejala seperti itu sangat sering dijumpai jika anda akan terkena flu, tenggorokan terasa serak dan saat menelan air liur terasa tidak nyaman.
  • Badan terasa lemas
Tubuh juga dapat menginformasikan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang melawan virus flu, dengan ciri-ciri badan terasa lemas, tidak bertenaga dan ketika bangun tidur terasa tidak nyaman.
  • Kepala terasa pusing
Pusing ini disebabkan karena virus flu sedang menyerang sistem pernafasan, akibatnya aliran oksigen keotak jadi terganggu, oleh sebab itu menjadi pusing dan berkunang-kunang
  • Hidung mulai tersumbat
Hidung mulai tersumbat merupakan gejala awal terkena flu, walaupun belum ada cairan yang keluar dari hidung tetapi ini bisa berlanjut hingga anda terkena flu jika tidak cepat-cepat diatasi.

Jika anda sudah mengalami gejala-gejala seperti diatas, maka harus cepat-cepat diatasi sebelum bertambah parah. Saat tubuh sudah terlanjur terkena flu maka akan susah ditangani maka dari itu perhatikan gejalanya dan segeralah diatasi.

Cara ampuh mencegah penyakit flu

Mencegah adalah solusi terbaik dari pada mengobati itulah kata pepatah yang sering kita dengar. Simak tips dan cara mencegahnya seperti dibawah:
  • Perkuat sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh sangat berperan penting disini, mulai dari menjaga kesehatan hingga melawan berbagai macam penyakit dan virus, salah satunya adalah flu. Langkah pertama untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi Vitamin C, vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan yang rasanya agak masam, seperti jeruk, apel, mangga dan lain sebagainya.
  • Jinten hitan (Habbatussauda)
Habbatussauda atau jinten hitam telah lama dikenal di timur tengah sebagai suplemen untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, memelihara kesehatan, dan melancarkan sistem peredaran darah anda. Jinten hitam ini mudah ditemukan di apotek terdekat, tanyakan pada petugas apotek tentang dosis dan cara penggunaanya.
  • Minum jeruk hangat
Minuman jeruk hangat juga cukup ampuh untuk mencegah flu, jika anda sedang makan diwarung atau dirumah makan, pesan saja jeruk hangat, jangan memesan es teh atau minuman lain. Didalan jeruk terdapat banyak vitamin C yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh selalu dalam kondisi prima, dengan diolah menjadi minuman jeruk hangat akan melegakan tenggorokan sekaligus mencegah flu. Selain untuk mencegah, minuman jeruk hangat juga dapat membantu mengobati flu, saya sendiri sering minum jeruk hangat saat terkena flu.
  • Perbanyak minum air putih
Saat terjadi gejala-gejala flu atau sudah terlanjur terkena flu, usahakan perbanyak minum air putih, disarankan hangat atau sedang, jangan yang dingin, karena jika minum air dingin bukannya mencegah malah akan membuat tambah parah.
  • Makan makanan berkuah dan pedas
Makanan yang berkuah dan pedas dapat memperlancar sistem pernafasan sehingga akan melegakan tenggorokan, contoh makanan berkuah seperti soto, sop, bakso dan lain sebagainya, tambahkan juga sambal karena didalam cabai juga banyak mengandung vitamin C dan zat capsaicin yang dapat membersihkan tenggorokan dan hidung.
  • Jangan mandi terlalu malam
Jika anda mandi terlalu malam maka akan membuat flu yang anda alami semakin menjadi dan bertambah parah, usahakan tidak mandi terlalu malam.

Begitulah tips cara ampuh mencegah penyakit flu, semoga tips diatas dapat berguna bagi anda semua.