Daftar Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan di Indonesia Tahun 2016, Jangan Sampai Terlewatkan


Daftar Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan di Indonesia - Buat para penggemar astronomi dan sangat suka menikmati fenomena langit, di tahun 2016 ini ada beberapa fenomena langka yang dapat kalian saksikan, seperti gerhana matahari dan gerhana bulan. Pokoknya jangan sampai ketinggalan lho ya!

Fenomena yang paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia adalah proses Gerhana Matahari Total yang dapat kalian nikmati di hampir seluruh daerah di Indonesia, yaitu dari pulau Sumatera dan berakhir di Maba, Halmahera Timur. Kesempatan langka bagi seluruh rakyat Indonesia, jarang-jarang bisa melihat Matahari tertutup Bulan secara total!

Terjadinya fenomena gerhana pada tahun 2016 akan dimulai pada bulan Maret tepatnya pada tanggal 9 dengan Gerhana Matahari Total dan Gerhana Bulan Penumbral pada bulan maret tanggal 23. Di tahun 2016 di Indonesia hanya ada 4 gerhana langka yang akan terjadi, yaitu 2 gerhana Matahari dan 2 gerhana Bulan. Gerhana di tahun 2016 akan ditutup oleh Gerhana Matahari Cincin pada awal bulan September, tepatnya pada tanggal 1 September dan Gerhana Bulan Penumbral pada pertengaahan bulan September yaitu pada tanggal 17 September.

Berikut daftar gerhana matahari dan gerhana bulan yang akan terjadi di 2016.

Gerhana Matahari Total - 9 Maret 2016

Inilah fenomena gerhana yang dinantikan seluruh masyarakat dan juga peneliti, astronom amatir maupun para penggemar fenomena langit. Peristiwa istimewa Gerhana Matahari Total pada tanggal 9 Maret 2016. Negara Indonesia, Gerhana Matahari Total tanggal 9 Maret 2016 sangat istimewa karena akan melewati Indonesia dan berakhir di Samudera Pasifik. Gerhana matahari total akan diawali dari Pulau Pagai Utara dan Selatan di provinsi Sumatera Barat, kemudian berjalan ke daerah Bengkulu, menuju Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan berakhir di kota Maba, Halmahera Timur, Maluku Utara.

Masyarakat yang tidak berada di jalur Gerhana matahari total tidak perlu kecewa, karena tetap akan bisa menikmati Gerhana Matahari namun hanya Sebagian.

Gerhana Bulan Penumbra - 23 Maret 2016

Sekitar 2 minggu setelah fenomena gerhana matahari total, kita akan kedatangan fenomena gerhana kembali, yaitu gerhana bulan penumbra, gerhana ini terjadi saat Bulan melewati penumbra Bumi. Saat gerhana bulan penumbra, Bulan akan terlihat sedikit gelap. Seluruh daerah di Indonesia dapat melihat Gerhana Bulan Penumbra. Untuk daerah Indonesia bagian Barat dan bagian tengah, anda harus cepat karena Bulan sudah dalam kondisi gerhana saat terbit.

Gerhana Matahari Cincin - 1 September 2016

Matahari akan terlihat seperti cincin api yang menakjubkan, hal itu dapat terjadi saat Bulan melintas di depan Matahari atau antara bumi dan matahari. Tapi dikarenakan Bulan sedang berada pada jarak terjauhnya dari Bumi maka tidak seluruh bagian Bulan dapat menutupi Matahari. Akibatnya masyarakat dan pengamat di Bumi dapat melihat lingkaran piringan Matahari seperti cincin api.

Gerhana Matahari Cincin tersebut dapat dilihat oleh masyarakat di benua Afrika, sebagian masyarakat di negara Arab Saudi, dan sebagian kecil Indonesia yaitu daerah Sumatera Selatan, Lampung, sebagian Jawa dan Australia namun hanya sedikit. Tempat terbaik untuk melihat Gerhana matahari cincin adalah di Gabon, Kongo, Tanzania, Madagaskar, dan lautan Hindia.

Gerhana Bulan Penumbra - 17 September 2016

Gerhana Bulan Penumbra yang kedua pada tahun 2016 ini sangat sepesial bagi masyarakat indonesia, karena kali ini seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati gerhana ini dari awal hingga akhir, namun sebagian masyarakat yang berada di papua akan melihat gerhana bulan penumbra pada saat Bulan terbit.

Semoga saja saat fenomena gerhana matahari dan gerhana bulan tersebut langit tidak dalam keadaan mendung atau berawan, sehingga kita bisa menikmati dengan lebih jelas.

Sebarkan ke teman-teman kalian agar mereka dapat menikmati fenomena gerhana di tahun ini.