Cara Mudah Memutihkan Ketiak yang Hitam

ketiak
Foto: wikipedia
Ketiak hitam adalah salah satu masalah terbesar bagi wanita. Siapa yang tak malu ketika Anda mengangkat lengan dan yang terlihat adalah bukan ketiak putih mulus tapi justru ketiak yang hitam? Kepercayaan diri wanita sedikit banyak dipengaruhi keadaan ketiak, terlebih ketika sedang memakai baju tanpa lengan. Kehitaman pada ketiak bisa terjadi karena sisa proses peradangan. Timbulnya peradangan biasanya tidak disadari karena kebiasaan mencukur, mencabut rambut ketiak ataupun alergi terhadap bahan-bahan yang terdapat pada deodoran. Terlalu sering menggunakan deodoran dan penggunaan pisau cukur yang kurang tajam juga dapat memperparah warna hitam pada ketiak.

Ada beberapa cara alami untuk memutihkan ketiak yaitu menggunakan campuran timun dan kunyit. Timun merupakan buah yang sudah terbukti ampuh memberi kesegaran dan memutihkan ketiak. Kunyit juga sudah banyak digunakan sebagai pemutih alami. Campurkan timun dan kunyit, haluskan lalu oleskan pada ketiak. Lakukan cara ini secara rutin dua kali dalam seminggu.

Campuran yoghurt dan susu juga dapat digunakan untuk memutihkan ketiak. Campurkan 2 sdm yoghurt dan 3 sdm susu, aduk rata, lalu oleskan pada ketiak. Tunggu selama satu jam lalu bilas dengan air hangat. Yoghurt dan susu banyak mengandung asam laktat yang dapat dijadikan pemutih alami. Minyak zaitun juga salah satu bahan alami yang banyak khasiatnya. Campuran minyak zaitun dan kulit jeruk dapat digunakan sebagai scrub untuk memutihkan ketiak. Ambil satu buah jeruk lalu kupas kulitnya. Blender kulitnya dan campurkan dengan 1 sdt minyak zaitun. Gosokkan campuran tersebut ke ketiak selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air. Minyak zaitun juga dapat diganti dengan minyak kelapa.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kulit ketiak tidak menghitam, yaitu berhati-hatilah ketika mencukur ketiak. Gunakan pisau cukur yang tajam dan jangan sampai melukai kulit ketiak Anda. Usahakan kulit ketiak selalu bersih meskipun saat beraktifitas. Pakailah deodoran yang mengandung asam linolenat dari minyak biji bunga matahari yang bermanfaat mengurangi warna hitam pada ketiak.