Cara Aman Memutihkan Gigi Kuning

gigi, gusi
Foto: wikipedia
Gigi kuning adalah salah satu penyebab orang minder atau merasa kurang percaya diri dalam pergaulan. Gigi kuning juga pertanda bahwa kondisi gigi Anda tidak sehat dan dapat mengganggu kesehatan mulut serta gusi. Ada beberapa penyebab yang menjadikan gigi kuning. Malas menggosok gigi dan cara menggosok gigi yang tidak benar dapat membuat gigi Anda menguning. Sering mengonsumsi kopi dan merokok juga turut membuat gigi menjadi kekuningan. Pemakaian obat pemutih gigi yang tidak cocok justru dapat memicu gigi menjadi kuning. Alih-alih membuat kondisi gigi Anda membaik malah membuatnya semakin buruk.

Untuk menghindari gigi kuning, sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk penyebab gigi kuning tersebut. Rajinlah menggosok gigi minimal dua kali sehari dan belajarlah menggosok gigi secara benar. Kurangi pula konsumsi kopi dan rokok. Selain menghindari gigi menjadi kuning, mengurangi konsumsi kopi dan rokok juga dapat menghindarkan Anda dari banyak resiko kesehatan lain seperti penyakit jantung dan hipertensi. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran dapat memberi kesegaran pada gigi. Buah apel, pir dan wortel memiliki manfaat yang sama dengan gosok gigi. Buah-buahan tersebut dapat mengangkat noda dan memutihkan gigi tanpa harus merusak enamel gigi.

Bila gigi Anda sudah terlanjur kuning, lebih baik Anda menggunakan bahan-bahan alami untuk memutihkan gigi daripada menggunakan bahan-bahan kimia yang belum tentu cocok. Anda dapat memutihkan gigi menggunakan siwak atau bisa disebut miswak. Siwak merupakan dahan atau akar pohon yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi sekaligus gusi serta mulut. Semua bagian dahan atau akar pohon dapat digunakan untuk bersiwak jika memenuhi syarat yaitu lembut dan bersih. Arang juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Namun, penggunaan arang secara berlebihan dapat merusak email gigi. Maka gunakanlah sewajarnya saja. Anda juga dapat menggosok gigi dengan pasta gigi alami buatan sendiri. Sediakan daun salam dan kulit jeruk yang sudah kering. Tumbuk halus, tambahkan air, lalu aduk hingga menjadi pasta. Gunakan pasta ini untuk menggosok gigi agar gigi lebih putih. Pasta gigi alami juga dapat dibuat dari campuran jus lemon dan garam. Namun, jangan menggunakannya terlalu sering karena garam dapat merusak lapisan gigi.