Beberapa Makanan Sehat yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Untuk menjaga kesehatan ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, bisa dengan berolah raga serta memilih makanan yang sehat dan mengurangi makanan yang tidak sehat seperti junk food atau makanan yang mengandung banyak lemak. Makanan sehat yang kita konsumsi akan diproses dan diserap oleh tubuh untuk proses metabolisme.

Tetapi apakah dengan mengkonsumsi makanan sehat akan selalu berdampak baik bagi kesehatan? Tentu tidak, bahkan makanan sehat juga dapat berbahaya jika anda tidak dapat mengaturnya dengan baik, contohnya seperti terlalu banyak atau salah dalam mengkombinasikan dengan makanan lain. Untuk itu disini akan dibahas makanan sehat yang dapat “berbahaya” bagi tubuh.


makanan sehat
Foto: wikipedia

Beberapa Makanan Sehat yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Air putih

Air adalah sumber kehidupan, tanpa air beberapa hari saja makhluk hidup sulit bertahan, dan perlu kalian tahu tubuh kita sendiri 70% - 80% tersusun oleh air, maka dari itu kita sangat membutuhkan air untuk dapat bertahan hidup. Tapi jika terlalu banyak mengkonsumsi air akan berdampak buruk bagi kesehatan bahkan kematian, karena jika anda terlalu banyak minum air akan menyebabkan kandungan sodium dalam darah tidak dapat berfungsi dengan baik, bahkan dapat terbuang saat kita buang air kecil dan fungsi otak kita dapat terganggu.

Menurut dokter, konsumsi air kurang lebih 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter, untuk menjaga agar kebutuhan air dalam tubuh tetap terjaga.

Buah-buahan

Buah sebenarnya sangat baik untuk kesehatan karena banyak mengandung vitamin dan beberapa zat penting lainya, tetapi terlalu banyak mengkonsumsi buah-buahan khususnya buah yang asam akan berdampak buruk bagi kesehatan, contohnya saja seperti buah jeruk atau tomat, buah yang mengandung rasa asam biasanya banyak terdapat vitamin C yang berguna untuk daya tahan tubuh dan mencegah sariawan, tetapi jika berlebihan dapat berbahaya, karena kandungan asam dapat menyebabkan masalah dalam lambung karena meningkatnya kadar asam lambung. Menurut beberapa sumber vitamin C yang berlebihan malah dapat menyebabkan timbulnya sariawan.

Salah dalam mengkonsumsi makanan sehat ini juga sering terjadi, seperti setelah mengkonsumsi seafood (udang atau cumi-cumi) kemudian makan jeruk dapat menyebabkan gejala keracunan.

Sedikit saran untuk anda, konsumsi jeruk dan tomat tidak lebih dari 2 buah sehari itu kurang lebih sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kacang kedelai

Kedelai di Indonesia banyak dimanfaatkan untuk membuat makanan seperti tahu, tempe bahkan susu, makanan itu sebenarnya sehat dan dapat digunakan untuk membantu mengatasi kolesterol atau hipertensi, tetapi jika anda berlebihan mengkonsumsi makanan tersebut akan menyebabkan tubuh susah menyerap zat besi sehingga dapat menyebabkan kekurangan sel darah merah (Anemia). Dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kanker rahim jika dikonsumsi secara berkebihan secara terus menerus dan dalam jangka waktu lama, tetapi jangan lantas menyebut kedelai adalah penyebab kanker rahim, ada banyak faktor yang menyebabkan kanker rahim.

Alangkah baiknya mengatur konsumsi kedelai dan olahannya yaitu dalam sehari kurang lebih 2 porsi saja.

Sayuran bayam

Bayam adalah sayuran yang mempunyai segudang manfaat yang terkandung didalamnya, seperti kandungan serat yang cukup, berbagai vitamin dan mineral, dan bahkan mengandung protein. Khasiat bayam juga banyak, salah satunya dapat mencegah rabun pada mata dan kebutaan.

Tetapi ada sedikit bahaya jika anda mengkonsumsi bayam secara berlebihan, yaitu dapat menyebabkan penyakit batu ginjal yang dikarenakan kandungan oksalat yang terdapat pada bayam mengendap didalam gijal, untuk mencegah penyakit tersebut dapat dengan mengkonsumsi air putih yang cukup agar kandungan oksalat dapat keluar dan tidak mengendap dalam ginjal, konsumsi bayam juga secukupnya saja, tidak berlebihan.