Bahaya Minum Banyak Air Sehabis Olahraga

Bahaya Minum Banyak Air Sehabis Olahraga - Mengkonsumsi air putih setelah olahraga dapat membantu mengurangi dahaga, namun akan menimbulkan beberapa kondisi yang tidak baik untuk kesehatan jika tidak dilakukan dengan benar, seperti kembung karena terlalu banyak mimum air putih namun lambat diserap tubuh, sering pergi ke toilet, dan ada beberapa hal lagi yang merugikan.

Bahaya Minum Banyak Air Sehabis Olahraga
Foto: pixabay.com

Langsung minum setelah olahraga dapat menyebabkan kembung

Sebenarnya air putih yang kita minum tidak dapat langsung diserap oleh tubuh, karena diperlukan proses untuk menyerapnya, jika anda mengikuti rasa haus yang sangat akan membuat anda minum semakin banyak dan membuat perut menjadi kembung sebelum rasa haus itu hilang.

Minum banyak setelah olahraga membuat kepala pusing
Banyak minum setelah olah raga tidak hanya menyebabkan bagian perut yang bermasalah, bagian kepala juga dapat bermasalah, salah satunya yaitu pusing, ini dapat terjadi dikarenakan setelah olahraga suhu tubuh meningkat dan saat anda langsung minum dapat menyebabkan tubuh belum siap menerima sesuatu yang dingin dan menyebabkan pusing, logikanya jika gelas dalam keadaan panas dan langsung diberi dengan air es atau es batu dapat menyebabkan gelas pecah, bisa anda bayangkan pada tubuh?

Sering buang air kecil

Dikarenakan rasa haus yang tinggi dan anda langsung minum air putih dalam jumlah banyak menyebabkan anda akan sering buang air kecil, dikarenakan sebelum air putih tersebut diserap dan diolah sudah terlanjur dibuang percuma.

Saran saat minum air putih

Sedikit saran dari saya soal minum air putih setelah olahraga, walaupun ini sepele apa salahnya diterapkan dalam kehidupan.

Tunggu suhu tubuh turun baru minum

Setelah olahraga tunggulah beberapa menit sambil beristirahat untuk menurunkan suhu badan setelah dirasa turun barulah anda minum air putih, ini akan lebih efektif.

Minum dengan perlahan

Setelah suhu tubuh stabil minumlah beberapa teguk dahulu, agar tubuh tidak kaget, jika anda merasa sangat haus, tidak perlu langsung minum banyak sedikit demi sedikit saja, itu lebih baik.