Cara Mudah Melancarkan Buang Air Besar Secara Alami

Buang air besar
Image: pixabay 

Cara mudah melancarkan buang air besar secara alami

Susah buang air besar atau sering disebut sembelit merupakan salah satu penyakit dalam kategori ringan, namun jangan sepelekan ini, karena dapat berdampak buruk bagi kesehata, wajarnya buang air besar dilakukan setiap hari, paling sering pada pagi hari, namun ada beberapa orang yang buang air besar tidak dilakukan setiap hari, ini terjadi karena banyak faktor, seperti kurang asupan serat, atau pola makan yang berubah.

Jika hal diatas sering terjadi maka akan timbul yang namanya sembelit atau susah buang air besar. Untuk mengatasi sembelit ini ada berbagai macam cara, salah satunya yang lebih saya sukai adalah cara yang alami, karena lebih aman daripada menggunakan obat-obatan yang nantinya menimbulkan efek samping.

Cara alami mengatasi sembelit

Berikut cara mengatasi sembelit yang dapat anda terapkan sendiri.

Makan banyak buah

Didalam buah banyak terdapat serat yang sangat bagus untuk sistem pencernaan, buah yang sering digunakan untuk mengatasi buang air besar adalah buah pepaya, buah ini sangat populer untuk mengatasi sembelit harganya juga murah dan mudah untuk didapatkan.

Makan sayur

Sayur hampir sama halnya dengan buah, banyak mengandung serat, bahkan beberapa lebih baik dari buah, maka dari itu perbanyak juga makan sayur agar sistem pencernaan tetap lancar.

Banyak bergerak

Banyak bergerak ini juga dapat diartikan berolahraga atau beraktifitas, tak berlu olah raga berat untuk memperlancar buang air besar, cukup banyak berjalan, olahraga ringan itu sudah cukup. Jika anda pekerja kantoran digedung bertingkat, usahakan sesekali tidak menggunakan lift tapi gunakanlah tangga untuk naik atau turun lantai, hal ini dapat sekaligus untuk bekerja.

Buang air besar setiap pagi

Usahakan untuk buang air besar setiap pagi, jika sudah terbiasa maka sistem pencernaan juga akan mengatur agar buang air besar setiap pagi, ini juga dapat membantu.

Jangan bangun terlalu siang

Karena sistem pembuangan itu sebenarnya sudah diatur saat pagi hari, jadi jika anda bangun siang anda akan melewatkan saat-saat buang air besar.

Jika tips memperlancar buang air besar diatas berhasil dapat juga untuk menurunkan berat badan secara otomatis.