Bahaya Menggunakan Softlens dan Tips Merawat Kontak Lensa

kontak lensa, softlens
Photo: wikipedia

Bahaya menggunakan softlens atau kontak lensa

Sering kita melihat banyak sekali orang yang menggunakan kontak lensa atau lensa kontak, mulai dari yang bening hingga kontak lensa berwarna warni, kebanyakan yang menggunakan kontak lensa ini adalah para wanita karena agar tampil menarik dan lebih imut jika menggunakan lensa kontak yang berwarna warni. Soflens ini juga dapat membuat mata kita jadi keihatan lebih besar jadi tidak terkesan sipit.

Dibalik menariknya warna warni kontak lensa ternyata menyimpan banyak sekali bahaya jika asal-asalan saat menggunakannya, apa saja itu? Mari kita simak ulasannya:

Mata memerah

Ini yang sering terjadi, saat kita menggunakan kontak lensa dalam jangka waktu yang lama, karena kontak lensa menjadi kering, dan membuat mata kita iritasi, jika ingin menggunakan kontak lensa dalam jangka waktu lama usahakan untuk melepas setiap beberapa jam dan dibasahi dengan cairan khusus kontak lens, sehingga kontak lens tetap lembab.

Infeksi mata

Softlens yang tidak dirawat dengan baik dapat membut mata menjadi infeksi dikarenakan bakteri yang dàpat berkembang di softlens yang tidak dirawat dengan baik dan dapat menyebabkan infeksi serius, maka dari itu usahakan untuk merawat kontak lensa dengan baik.

Softlens rusak dimata

Saat anda tidur wajib untuk tidak menggunakan softlens karena dapat menyebakan kontak lensa rusak dan dapat melukai mata anda, gunakan saat diperlukan saja, seperti saat beraktifitas.

Sebenarnya kontak lensa ada berbagai macam jenisnya, ada yang bagus dan ada yang abal-abal, untuk kontak lensa yang digunakan sebagai alternatif pengganti kacamata sebaiknya pilih yang bagus, anda dapat konsultasi dengan dokter mata sebelum menggunakan kontak lensa, ini juga berlaku untuk kontak lensa yang hanya digunakan untuk fashion.

Tips merawat kontak lensa

Karena benda ini langsung bersentuhan dengan mata, kontak lensa harus dirawat dengan baik, bagaimana cara merawat kontak lensa? Simak tips berikut:

Jangan membersihkan softlens dengan air keran

Air keran sendiri masih banyak mengandung bakteri atau hewan-hewan kecil yang berbahaya, jika anda ngeyel membersihkan lensa kontak dengan air keran dapat membuat mata anda terinfeksi juga. Sebaiknya membersihkan lensa dengan cairan pembersih khusus untuk kontak lensa. Cara membersihkannya juga harus sedikit digosok dengan jari agar bakteri atau kotoran pada kontak lensa dapat hilang, tentunya tangan anda harus dicuci sebelumnya hingga bersih.

Ganti jika sudah waktunya

Biasanya kontak lensa mempunyai waktu pakai, tergantung jenisnya, ada yang digunakan untuk sekali pakai, ada juga yang dapat digunakan beberapa kali (tentunya juga ada batasnya) konsultasikan dengan dokter mata.

Bersihkan atau ganti wadah kontak lensa

Wadah kontak lensa juga perlu dibersihkan agar kuman dan bakteri tidak berkembang biak disana, atau ganti dengan yang baru.