Cara Merawat Kuku yang Baik dan Benar

kuku tangan
Foto: wikipedia
Kuku tangan dan kaki yang kotor serta tidak terawat akan membuat penampilan Anda terlihat buruk dan menjadi sumber penyakit. Meskipun sederhana, perawatan kuku perlu dilakukan, baik perawatan di salon atau perawatan sendiri di rumah dengan bahan-bahan di sekitar Anda. Perawatan perlu dilakukan agar kuku Anda sehat dan cantik. Kuku yang sehat biasanya kuat, tidak mudah patah, dan tidak mudah mengelupas.

Banyak bahan di sekitar kita yang dapat digunakan untuk merawat kuku. Belimbing wuluh salah satunya. Belimbing wuluh bermanfaat untuk membersihkan kotoran di sela-sela kuku dan kulit luar sekaligus menguatkan kuku. Caranya adalah dengan menggosokkan potongan belimbing pada kuku yang akan dibersihkan lalu bilas dengan air bersih. Lidah buaya, selain bermanfaat untuk merawat rambut, juga bermanfaat untuk merawat kuku. Bersihkan lidah buaya lalu oleskan pada kuku. Penggunaan lidah buaya akan membuat kuku lebih cantik dan bening. Untuk membuat kulit luar kuku lebih kuat dan tidak mudah mengelupas dapat digunakan getah papaya dan bawang putih. Caranya parut bawang putih hingga halus lalu oleskan pada kuku. Tunggu beberapa menit lalu bersihkan menggunakan air hangat.

Untuk perawatan kuku kaki, hindari pemakaian alas kaki yang sesak. Alas kaki yang tertutup yang berukuran kecil dan sesak dapat menyebabkan infeksi pada kuku kaki bila Anda memaksa untuk memakainya. Gunakanlah alas kaki terbuka seperti sandal sehingga lebih memberikan ruang terbuka pada kaki sehingga luka pada kuku yang rusak lebih cepat mengering. Kuku kaki yang telah terlanjur rusak atau infeksi dapat Anda rendam dalam air garam. Garam terbukti mencegah tumbuh dan berkembangnya bakteri. Merendam kaki dalam air garam juga dapat mempercepat penyembuhan kuku kaki yang telah rusak.

Selain perawatan dari luar, Anda juga harus mengimbangi dengan asupan nutrisi dari dalam tubuh. Mengonsumsi banyak air putih dapat membantu memperindah dan memperkuat kuku. Konsumsi air putih dapat membantu kuku agar tidak kering. Mengonsumsi susu dan makanan yang banyak mengandung kalsium juga bermanfaat memperkuat kuku. Makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain keju, kacang-kacangan,brokoli, mangga, alpukat dan lain-lain.