10 Makanan Sehat untuk Wanita Hamil

10 Makanan Sehat untuk Wanita Hamil - Tentunya anda menginginkan bayi anda yang ada dalam kandungan tetap sehat kan? Jadi, anda harus pandai-pandai dalam memilah memilih makanan untuk anda dan buah hati anda yang masih ada dalam kandungan. Tentunya anda juga tahu makan untuk dua orang bisa menjadi tanggung jawab yang lumayan berat. Oleh karena itu, di sini akan kita bahas 10 makanan yang sehat untuk wanita hamil:
10 Makanan Sehat untuk Wanita Hamil

1. Telur
Telur merupakan makanan yang mengandung banyak protein kualitas yang penting untuk kehamilan. Satu telur juga hanya mengandung 90 kalori di dalamnya. Tidak hanya itu ada 12 vitamin bahkan lebih dan mineral juga terkandung dalam telur. Kolin juga banyak terdapat dalam telur, yang berfungsi membantu pertumbuhan bayi dan sekaligus menjaga kesehatan otak, selain itu juga dapat membantu mencegah agar tabung saraf tidak cacat. Beberapa telur bahkan terdapat omega-3 yang penting bagi perkembangan otak dan penglihatan nantinya jika telah lahir.

2. Kacang
Kacang ini juga banyak mengandung protein penting bagi kehamilan anda. Ada begitu banyak manfaat kacang bagi wanita hamil sudah tidak diragukan. Dari semua jenis kacang, buncis mengandung yang terbaik untuk serat dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran.

3. Ubi jalar
Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Ada satu penemuan baru tentang manfaat ubi jalar bagi wanita hamil, ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita.

4. Daging ikan salmon
Anda harus tahu salmon memiliki protein yang berkualitas tinggi, dan merupakan sumber lemak omega-3. Kandungan zat gizi pada daging ikan salmon bagus untuk para ibu yang sedang mengandung, dan juga ikan salmon tersesebut mengandung lebih sedikit jumlah merkuri dari pada ikan lainnya. Anda perlu tahu bahwa kandungan zat merkuri dalam makanan sangat bahaya bagi ibu yang sedang mengandung, dimana jika kandungan merkuri tinggi dalam makanan, dapat mempengaruhi perkembangan sistem saraf pada bayi. Perlu diingat bagi para ibu hamil, jangan lantas memakan banyak daging salmon, secukupnya saja tidak lebih dari 12 ons dalam seminggu karena salmon juga mengandung merkuri.

5. Biji-bijian
Bicara tentang biji-bijian pasti berhubungan dengan gandum yang tinggi serat dan banyak nutrisi, termasuk beberapa vitamin seperti vitamin E, bahkan selenium dan juga fitonutrien terdapat dalam gandum.

6. Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua
Sayuran memang sangat penting untuk ibu hamil, terutama sayuran yang berwarna hijau tua. Contohnya bayam, atau sayuran berdaun hijau lain yang sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting.

7. Yogurt
Yoghurt merupakan sumber kalsium, yang penting dalam diet kehamilan. Salah satu jenis yoghurt yang tinggi protein adalah yogurt yunani, jenis yogurt tersebut biasanya menggandung protein yang dua kali lebih banyak daripada yogurt biasa, dengan begitu anda dapat menambahkan yogurt pada menu camilan saat kehamilan.

8. Walnut 
Kalau anda tidak suka ikan atau telur, anda bisa mencoba menggantinya dengan walnut, ini adalah salah satu sumber nabati omega-3 terkaya. Sejumlah walnut adalah pilihan yang cocok untuk snack atau bahan salad.
 
9. Buah-buahan dan sayuran Beraneka Warna
Memang buah-buahan selalu berperan penting dalam kehidupan kita. Makan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi dan setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

10. Daging yang tanpa lemak
Belilah daging yang tidak mengandung lemak atau lemaknya sudah dipisahkan. Jangan makan daging yang setengah matang seperti sate dan lain sebagainya, meskipun dagingnya telah dimasak, tetapi ada risiko terdapat zat berbahaya seperti bakteri jahat dan parasit contohnya toxoplasma, salmonella dan lain-lain yang berbahaya bagi bayi dalam kandungan.

Demikian artikel selamat mencoba dan semoga bermanfaat.