Cara Cepat Belajar Penjumlahan Untuk Matematika Tingkat TK dan SD

Cara Cepat Belajar Penjumlahan Untuk Matematika Tingkat TK dan SD - Perlu kita ketahui, saat usia anak-anak proses pemikiran mereka belum matang, entah itu dari segi logika, atau pola pikirnya, anda sendiri waktu masih anak-anak pasti pernah mengalami dan merasakan perbedaan ketika sudah dewasa, maka dari itu saat menjelaskan dan mengajari anak-anak perlu kesabaran dan ketelatenan, saat anak-anak diajarkan tentang matematika usahakan buat mereka santai, tidak perlu serius-serius, dan beri mereka selingan untuk bermain. Ada juga sih anak-anak yang serius dalam belajar matematika tetapi itu lebih sedikit dari pada yang senang bermain, oleh karena itu pentar-pintar kita menyeleksi bagaimana proses belajar yang baik agar materi yang diajarkan dapat diserap dengan baik.

Dalam tulisan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara cepat belajar penjumlahan pada tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar.

Cara Cepat Belajar Penjumlahan

Cara Cepat Belajar Penjumlahan

Pertama yang harus diajarkan adalah pemikiran sederhana bahwa bilangan besar ditaruh dikepala dan bilangan yang lebih kecil ditaruh dijari. Sebagai contoh seperti ini, misal pada penjumlahan 2 + 3, bilangan yang lebih besar di soal tersebut adalah 3 maka angka 3 ditaruh dikepala dan angka 2 di jari, kemudian bilangan yang lebih besar disebutkan terlebih dahulu kemudian menghitung kelanjutan angka yang lebih besar tadi berdasarkan berapa jumlah jari (2), Setelah angka 3 adalah 4 dan 5 maka jawabannya adalah 5, dengan begitu anak akan lebih paham konsepnya dan ketika mereka diberi soal yang serupa, mereka akan dapat mengerjakannya.

Cara tersebut hanya berlaku jika bilangan-bilangan yang lebih kecil adalah kurang dari 10, jika lebih anak akan kesulitan, karena jumlah jari-jarinya hanya 10, masak harus melepas sepatu untuk menyelesaikan soal, akan merepotkan bukan?

Sebenarnya masih banyak lagi cara-cara penjumlahan yang dapat diajarkan pada anak-anak, agar mereka lebih paham dan dapat menerapkan pada soal-soal berikutnya, yang terpenting anda harus sabar dalam mengarahkan anak-anak untuk belajar konsep diatas, dalam beberapa hari mudah-mudahan anak yang anda ajarkan akan dapat paham.

Jika anda adalah seorang guru, ajarkanlah konsep dasar sebelum anda mengajarkan konsep intinya, proses lebih baik dari pada hasilnya, dengan melalui proses untuk paham maka hasil yang didapatkan akan bisa memuaskan.

Demikian Cara Cepat Belajar Penjumlahan Selamat mencoba. . . . .Semoga bermanfaat. . .