13 Manfaat Kesehatan dari Jeruk

Gambar buah jeruk
Buah jeruk, source: pixabay.com
Manfaat Kesehatan dari Jeruk - Siapa yang tidak suka jeruk sebagai camilan? Buah ini populer dengan bagi para atlet karena dapat dengan mudah dimakan untuk energi menambah energi.

13 Manfaat Kesehatan dari Jeruk: 

1. Membantu Mencegah Kanker
Jeruk kaya akan kandungan citrus limonoid, yang terbukti membantu anda memerangi beberapa jenis kanker termasuk dari kulit, paru-paru, payudara, perut dan usus besar.

2. Mencegah Penyakit Ginjal 
Minum jus jeruk secara teratur dapat mencegah penyakit ginjal dan mengurangi risiko batu ginjal.
Catatan: sebaiknya minum jus dalam jumlah tidak berlebihan. Kandungan gula dalam jeruk yang tinggi dari jus buah jeruk dapat menyebabkan kerusakan gigi dan kandungan asam yang tinggi dapat mengikis enamel jika dikonsumsi berlebihan.

3. Mengurangi Risiko Kanker Hati 
Menurut dua studi yang dilakukan di Jepang makan jeruk mandarin mengurangi kanker hati. Hal ini mungkin disebabkan sebagian senyawa vitamin A yang dikenal sebagai karotenoid.

4. Menurunkan Kolesterol
Karena buah jeruk penuh dengan serat larut, jeruk membantu dalam menurunkan kolesterol.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Jeruk penuh kalium, mineral elektrolit bertanggung jawab untuk membantu fungsi jantung dengan baik. Ketika kadar kalium terlalu rendah, irama jantung anda akan tidak normal, yang biasanya dikenal sebagai aritmia.

6. Menurunkan Risiko Terserang Penyakit
Jeruk penuh vitamin C yang melindungi sel-sel dengan menetralisir radikal bebas yang banyak terdapat di sekitar kita. Penyakit yang kronis dapat disebabkan karena radikal bebas, contoh penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

7. Perkelahian Melawan Infeksi Virus
Studi menunjukkan bahwa banyaknya kandungan polifenol dalam jeruk melindungi terhadap infeksi virus.

8. Meredakan Sembelit
Jeruk penuh serat makanan yang merangsang cairan pencernaan dan mengurangi sembelit.

9. Membantu Penglihatan Agar Lebih Baik
Jeruk kaya akan senyawa karotenoid yang dikonversi menjadi vitamin A dan membantu mencegah degenerasi makula.

10. Mengatur Tekanan Darah Tinggi
Flavonoid hesperidin ditemukan dalam jeruk membantu mengatur tekanan darah tinggi dan magnesium dalam jeruk membantu menjaga tekanan darah.

11. Melindungi Kulit
Jeruk penuh beta-karoten adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel dari kerusakan yang yang juga melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah tanda-tanda penuaan.

12. Jeruk Alkalize Tubuh
Meskipun jeruk rasanya asam sebelum Anda mencerna, buah ini mengandung banyak mineral alkali yang membantu untuk mengimbangi tubuh setelah mereka dicerna. Dalam hal ini, mereka mirip dengan lemon yang merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali yang paling banyak tersedia.

13. Menyediakan Karbohidrat Kompleks
Jeruk seperti semua buah-buahan memiliki gula sederhana yang terkandung didalamnya, tapi jeruk memiliki indeks glikemik sekitar 40. Ini berarti selama Anda tidak makan banyak jeruk pada satu waktu, mereka tidak akan meningkatkan gula darah Anda dan menyebabkan terkena masalah dengan insulin atau berat badan.