10 Makanan yang Dapat Menyebabkan Jerawat yang Sebaiknya Dihindari

Gambar jerawat
Source: flickr.com
Apakah Anda rentan terkena jerawat? Sementara itu banyak orang dulu percaya (dokter termasuk) makanan tidak mempengaruhi jerawat, ini merupakan mitos dikalangan medis. Kenyataannya adalah bahwa setiap bagian dari tubuh Anda dipengaruhi oleh makanan yang Anda makan. Salah satu dari kelompok senyawa organik yang penting bagi pertumbuhan dan diperlukan dalam jumlah kecil dalam diet karena mereka tidak dapat disintesis oleh tubuh adalah vitamin. Di mana kita mendapatkan vitamin untuk tubuh? Kita bisa mendapatkannya dari makanan yang kita konsumsi. Jadi tidak mengherankan bahwa makanan yang Anda makan dapat meningkatkan atau mengganggu kesehatan kulit Anda. Beberapa daftar makanan dapat memicu penyakit jerawat bahkan pada orang dewasa. Berikut adalah beberapa makanan terburuk yang memicu timbulnya jerawat:
  • Alkohol
  • Kopi
  • Telur
  • Garam Yodium seperti makanan kemasan di toko, dan makanan siap saji
  • Daging
  • Susu dan Produk Susu Lainnya
  • Gula
  • Teh
  • Cuka
  • Gandum

Penelitian menunjukkan bahwa kadar insulin mungkin memainkan peran dalam memicu jerawat. Insulin disekresi sebagai respon terhadap mengkonsumsi gula atau makanan manis. Studi ini diikuti 43 remaja laki-laki dan laki-laki muda dengan jerawat selama tiga bulan. Beberapa anak laki-laki / laki-laki dewasa makan diet glikemik rendah (diet yang memiliki dampak minimal pada kadar gula darah) sementara yang lain makan diet tinggi karbohidrat. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang di diet glikemik rendah memiliki resiko terserang jerawat lebih kecil.

Untuk membantu menjaga tingkat insulin stabil penting untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat dan rendah gula (bahkan gula alami). Hal ini juga penting untuk memastikan adanya protein setiap kali makan (protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tahu organik, dan kacang-kacangan yang terbaik) dan makan setiap dua sampai tiga jam.

Jika Anda khawatir bahwa daftar di atas tidak dapat anda lakukan, tidak apa-apa untuk mengkonsumsinya, namun tidak berlebihan dan dalam jumlah yang kecil. Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang tidak ada dalam daftar dan dapat bebas menikmatinya.


Meskipun anda tidak mengkonsumsi makanan diatas, ada dua pemicu umum jerawat lainnya termasuk beberapa obat (terutama hormon) dan tembakau dari rokok atau paparan debu. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda jika Anda mencurigai ada obat yang memperparah jerawat Anda.